Menjelang akhir tahun adalah musimnya liburan panjang. Momen ini biasanya akan dimanfaatkan oleh komunitas atau pemilik kendaraan roda dua untuk kegiatan touring. Hal ini tentu sangat menyenangkan bagi para bikers. Sebab saat banyak menghabiskan waktu di jalan, mereka akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah. Namun sebelum berangkat, pastikan semua perlengkapan touring motor sudah terbawa.

Barang-barang tersebut berfungsi sebagai antisipasi apabila terjadi yang tidak diinginkan selama perjalanan. Berikut perlengkapan yang harus dibawa saat melakukan touring motor.


  1. Jaket Anti Air
    Pakaian outer ini merupakan salah satu perlengkapan touring motor yang sangat penting untuk dibawa. Jaket akan melindungi pengendara dari cuaca yang tidak menentu selama di perjalanan. Membawa jaket anti air akan melindungi tubuh biker dari kemungkinan hujan yang tiba-tiba melanda.
  2. P3K
    Salah satu barang yang wajib dibawa selanjutnya adalah kotak P3K .Perlengkapan touring motor akan membantu saat terjadi kecelakaan saat berkendara. Kotak P3K juga dapat menyimpan persediaan obat-obatan seperti minyak kayu putih jika sewaktu-waktu masuk angin atau kurang enak badan.
  3. Uang Tunai
    Meskipun cukup beresiko, namun uang tunai akan sangat berguna ketika melewati rute di daerah yang tidak menyediakan ATM.
    Tips untuk menghindari terjadinya pemerasan di tengah perjalanan adalah jangan simpan uang di dompet. Taruh di beberapa tempat secara terpisah.
  4. Tool Kit
    Perlengkapan touring motor yang tidak boleh tertinggal adalah tool kit. Fungsinya adalah untuk menanggulangi kerusakan minor yang bisa diatasi sendiri tanpa harus dibawa ke bengkel, seperti mengganti part atau memperbaiki baut yang longgar.
  5. Flat Tire Repair Kit
    Perlengkapan ini sangat berguna saat kendaraan mengalami kebocoran ban di tengah perjalanan.
    Perangkat ini dilengkapi dengan obeng, lem, karet tambal ban, dan tabung gas atau pompa. Sehingga perbaikan bisa dilakukan sendiri.
  6. Peta Fisik dan GPS
    Setiap bikers harus memiliki peta fisik dan GPS. Teknologi navigasi global seperti GPS memang lebih praktis digunakan namun, masih sangat bergantung  pada sinyal yang bisa buruk saat cuaca ekstrim. Sehingga lebih disarankan membawa keduanya. 
  7. Power Bank
    Smartphone adalah benda penting yang tidak mungkin ditinggalkan saat pergi kemanapun. Dengan membawa power bank, biker dapat mengisi daya smartphone selama perjalanan.


Itulah perlengkapan touring motor yang harus dibawa sebelum melakukan perjalan jauh. Utamakan keselamatan saat berkendara agar tidak terjadi kecelakan saat berkendara.