Buat kebanyakan masyarakat Indonesia, sepeda motor menjadi sebuah kebutuhan utama. Walaupun sudah menjadi kebutuhan utama, masih banyak yang belum paham cara merawat motornya sendiri. Tentu kamu tidak mau harus menghabiskan ratusan ribu untuk membenahi motormu yang rusak karena jarang kamu perhatikan setiap pemakaiannya. 

Maka dari itu untuk meminimalisir segala kemungkinan buruk yang akan terjadi pada motormu, simak saran dari blogger motor riderbaik berikut ini :

Memanaskan mesin motor setiap pagi

Cara merawat motor yang satu ini bisa cukup sederhana tapi bisa memberikan dampak yang baik untuk motormu. Memanaskan motor dilakukan agar oli di dalam mesin bisa langsung melumasi mesin agar bisa bekerja secara optimal. Lakukan pemanasan motor selama 5-10 menit dan akan lebih baik jika menggunakan kick stater saat akan dinyalakan agar tidak terlalu banyak mengurangi baterai pada motor.

Rutin cuci motor

Terkadang malas rasanya jika harus mencuci motor, entah karena malas mencucinya sendiri karena ingin istirahat saja selama hari libur, atau tidak rela mengeluarkan uang Rp 10 ribu – Rp 20 ribu untuk cuci steam saja. Apalagi saat musim hujan, tentu akan semakin besar rasa malas niat mencuci motor.

Apa kamu sadar jika air hujan yang masuk ke dalam motormu akan membuat komponen besi yang ada didalamnya berkarat dan lama kelamaan bisa membuat bodi motor berjamur? Maka jaga kebersihan motormu agar tetap awet dan tahan lama jika digunakan.

Lakukan ganti oli secara berkala

Kemudian, cara merawat motor yang terakhir adalah ganti oli secara rutin. Dapat kamu lakukan secara berkala setiap 1000 km dan juga pergantian oli untuk transisi motor (oli gardan) maksimal dilakukan setiap mencapai 5000 km. 

Jika kamu tidak terlalu memperhatikan kilometer pada motor atau lupa, lebih baik rutin menggantinya setiap 2 atau 3 bulan sekali. Tentunya ganti oli sesuai dengan jenis motor yang digunakan agar lebih optimal penggunaannya. 

Begitulah cara merawat motormu agar lebih awet dan tahan lama disetiap pemakaiannya.