Subscribe Us

header ads

Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak


Tak hanya pecinta otomotif, masyarakat awam pun sudah sering mendengar istilah motor dengan mesin 2 tak dan 4 tak. Namun, apakah setiap orang awam tahu perbedaan motor 2 tak dan 4 tak tersebut?

Lalu, lebih unggul mana motor dengan mesin berbeda kapasitas tersebut? Untuk menambah pengetahuan, yuk simak ulasan mengenai perbedaan motor 2 tak dan 4 tak di bawah ini!

Perbedaan yang mendasar antara 2 tak dan 4 tak tentu terletak pada cara kerja masing-masing mesin tersebut. Meski sama-sama melakukan pembakaran di dalam, pada mesin motor 2 tak hanya terjadi dua langkah piston siklus pembakaran saja. Sementara pada motor 4 tak, terjadi empat langkah piston.

Seperti yang sudah disinggung di atas, perbedaan motor 2 tak dan 4 tak terletak pada siklus pembakaran. Langkah-langkah yang terjadi pada motor 2 tak adalah langkah isap dan langkah buang.

Langkah isap terjadi bersamaan dengan kompresi, dimana gerakan tersebut didasari oleh piston yang melakukan tekanan dalam ruang engkol sehingga terjadi peningkatan. Lalu langkah buang yang berbarengan dengan langkah kerja terjadi ketika piston tengah bergerak menuju TMB, busi akan menyala dan terjadi pembakaran.

Sedangkan, perbedaan motor 2 tak dan 4 tak pada pembakaran mesin motor empat tak terjadi lebih panjang dibanding mesin 4 tak. Langkah yang pertama terjadi adalah langkah isap, ditandai dengan pergerakan katup isap yang terbuka, lalu disusul dengan pergerakan piston.

Selanjutnya ialah langkah kompresi, diawali dengan tertutupnya katup masuk yang tadi sempat terbuka. Pada langkah ini, piston akan kembali bergerak dalam ruang silinder. Katup-katup yang terdapat di sekitarnya akan tertutup, menjadikan bahan bakar dan udara mengalami proses pencampuran dan penambahan suhu.

Sampai langkah kedua ini, perbedaan motor 2 tak dan 4 tak sangat kentara sekali. Kemudian pada langkah berikutnya, yakni langkah kerja, busi mulai dinyalakan hingga terjadi ledakan dalam ruang silinder. Tenaga yang dihasilkan pada langkah ini akan disalurkan menuju crankshaft.

Terakhir, adalah langkah buang. Pada langkah ini, katup buang akan terbuka dan sisa-sisa pembakaran akan keluar. Setelah langkah ini selesai, mesin akan kembali melakukan proses pembakaran dari awal.

Nah, setelah membaca perbedaan motor 2 tak dan 4 tak di atas, Anda jadi mengerti kan cara kerja kedua mesin motor tersebut? Namun soal keunggulan, sekarang ini mesin 2 tak sudah mulai tergantikan oleh 4 tak. Jadi, Anda bisa menyimpulkan sendiri mana yang lebih unggul, ya.

Post a Comment

0 Comments