Subscribe Us

header ads

Surat Tilang Biru vs Merah ? Ketahui Perbedaannya disini

Tilang atau tindak langsung merupakan langkah yang diberikan oleh polisi kepada para pelanggar lalu lintas, tentu merupakan hal yang tidak mengenakan namun sadar atau tidak itu bisa terjadi karena ada kesalahan dari pengendara.  jadi ya namanya juga salah mau gimana lagi hehe

Ditilang pasti meninggalkan kesan buruk, dan tentu tidak ingin mengulangi nya lagi, namun ada beberapa hal yang harus dipelajari jaga jaga jika suatu saat ditilang lagi, Surat tilang itu ada 2 jenis, yaitu yang berwarna merah dan berwarna biru, tentu keduanya memiliki fungsi yang berbeda dan kalian harus tau perbedaannya.

Perbedaan Surat tilang Biru dan Merah

Slip Biru

Operasi Patuh 2019: kenali beda surat tilang biru dan merah Surat Tilang Warna Biru
Jika melakukan pelanggaran lalu lintas dan kamu memutuskan mengambil slip biru, maka denda bisa dibayar di loket BRI dekat tempat pelanggaran. Setelah membayar denda, maka kamu bisa mengambil dokumen yang disita di Polsek wilayah tempat melakukan pelanggaran. Jadi, kamu tidak perlu datang ke pengadilan. Perlu diingat, jika mengambil slip biru, maka ada kemungkinan denda yang harus kamu bayar adalah denda maksimal dari pelanggaran.

Slip Merah

Operasi Patuh 2019: kenali beda surat tilang biru dan merah Surat Tilang Merah
Namun, jika kamu merasa tidak melakukan pelanggaran dan memilih untuk melakukan sidang di pengadilan, maka kamu akan menerima slip merah. Nanti, keputusan apakah kamu melanggar atau tidak akan ditentukan di sana. Selain kamu, polisi yang bersangkutan juga akan hadir pada persidangan di wilayah kehakiman tersebut. Dalam surat tilang, sudah ada keterangan kapan kamu harus datang. Biasanya, jarak antara pelanggaran dan sidang adalah 5 hingga 10 hari.

Post a Comment

0 Comments