Overheat atau suhu mesin yang terlalu panas merupakan salahsatu penyakit motor yang umum, namun sebetulnya perkara overheat ini adalah masalah serius yang harus kita perhatikan, karena ini dampaknya ke dalam mesin motor itu sendiri yang bisa membuat mesin rusak dan harus turun mesin.


Hal paling simpel yang dikarenakan overheat adalah motor kita jadi kurang bertenaga, ini akan merepotkan jika kita harus bermotor ke daerah yang menanjak, atau membawa beban berat, tentu sangat merepotkan.

Makanya overheat ini tidak bisa dianggap sepele, untuk itu saya akan share 2 tips sederhana untuk mengatasi masalah overheat pada sepeda motor.


Cara sederhana pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah overheat adalah, dengan memanaskan motor selama dua hingga tiga menit sebelum melakukan perjalanan. Tujuannya agar oli tersirkulasi ke seluruh bagian mesin.

Cara kedua adalah fokus pada sistem pendinginan. Jika motor menggunakan sistem pendingin cairan, maka biasakan mengecek cairan pendingin secara teratur.

Biasanya pabrikan sepeda motor selalu menyediakan cairan pendingin yang disesuaikan dengan jenis sepeda motornya. Selain itu, tentunya Anda juga harus rajin membersihkan radiator.

Sebetulnya inti dari overheat ini ada di masalah oli, karena jika oli rutin diganti maka temperatur mesin akan terjaga performa motor akan tetap baik.

Baca Juga : Tips Menghitung Biaya Turun Mesin Motor https://www.riderbaik.com/berita/biaya-turun-mesin-motor/